Bangkok…

Mendengar kata bangkok , ada 2 hal yang langsung terpikir oleh saya, yang pertama berkaitan dengan segala sesuatu yang besar-besar unggul-unggul, mulai dari ayam bangkok, pepaya bangkok, jambu bangkok dan masih banyak bangkok-bangkok yang lain.

Yang kedua adalah ibukota dari sebuah negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengalami penjajahan dari negara-negara imperialis yaitu Thailand. Tapi tahukah anda bahwa kata Bangkok sebenarnya hampir tidak di kenal oleh warga asli Thailand itu sendiri.

Kata Bangkok berasal dari gabungan kata “bang” yang artinya kampung di tepian sungai dan kata “makok” yang berarti sejenis pohon zaitun. Gabungan kedua kata ini kemudian memunculkan nama Bangkok yang populer hingga kini.

Orang Thailand sendiri mengenal kota ini dengan nama Krung Thep Maha Nakhon yang artinya mirip seperti kota Los Angeles yaitu “Kota Malaikat Besar” . Nama itu sebenarnya hanyalah singkatan pendek dari nama panjang Bangkok.

Nama lengkap Bangkok telah dinobatkan dalam Guinness Book of World Record sebagai nama kota terpanjang di dunia. Nama kota tersebut terdiri dari 26 kata kombinasi dari bahasa Pali dan Sansekerta.

Mau tahu nama lengkapnya ?

Ini dia nama lengkap Bangkok :

Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit ( yang artinya : Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibukota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu ).

10 Responses to “Bangkok…”


  1. 1 Eka Desember 11, 2007 pukul 1:14 pm

    Bagus ya nama panjangnya.. Ujian Akhir Nasional di Thailand pasti menyenangkan ketika ada soal nama panjang kota Bangkok.

  2. 2 oliveoile Desember 18, 2007 pukul 7:31 am

    Kalo sebutan tuk ayam bangkok, jambu bangkok, apa berasal dari bangkok juga ya

  3. 3 hpsetiawan Desember 27, 2007 pukul 7:09 am

    woww kota bangkok filosofinya emang oke.
    makanya thailand ga pernah dijajah secara fisik oleh imperialis..

  4. 4 Rosyidi Januari 5, 2008 pukul 3:10 pm

    Sebenernya pertaniaan Jepang juga gak kalah hebat lho. Apel ada yang sebesar Semangka, Semangka ada yang berbentuk kubus, dll. Tapi berhubung di Indonesia Bangkok duluan masuk, ya itu yang melekat di hati masyarakat. Padahal belum tentu itu dari bangkok. Cuma biar mendongkrak harga saja biar menarik.

  5. 5 bakazero Januari 12, 2008 pukul 2:08 am

    wah, kirain bangkok tuh asal kejadiannya tentang tukang baso yang ketinggalan mangkok, “Bang, mangkoknya ketinggalan!”…

    btw, namanya panjang amat ya?

  6. 6 binchoutan Januari 12, 2008 pukul 4:14 am

    gimana dengan Indonesia..
    huuum dari makanan yang terkenal apa yaa..??

    oo.. Jeruk Bali, apel malang.. tapi blom seterkenal duren bangkok..

    ( * o * )

  7. 7 arifr Maret 10, 2008 pukul 2:46 am

    mungkin itu semboyan, seperti SEMarang kota ATLAS, SOLO Berseri atau Grobogan BERSEMI…kali ya..

  8. 8 rama Maret 31, 2008 pukul 1:35 pm

    apa ada yang lebih bagus lg nya informasinya

  9. 9 vicky ridwana Juli 28, 2008 pukul 3:15 pm

    Kata Bangkok berasal dari gabungan kata “bang” yang artinya kampung di tepian sungai dan kata “makok” yang berarti sejenis pohon zaitun. Gabungan kedua kata ini kemudian memunculkan nama Bangkok yang populer hingga kini.

    kata “bang” dan “Mangkok” yang anda maksud itu berasal dari bahasa apa??? dari bahasa indonesia atau bahasa sansekerta????

  10. 10 Goslink Juli 31, 2008 pukul 4:35 am

    Yang pastinya bahasa thailand dong.liat aja referensinya di wikipedia..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tentang

Blog ini milik Agus Wahyudin, an ordinary person who live in extraordinary world.

Lisensi

Silahkan mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan dalam blog ini dengan mencantumkan sumbernya karena mungkin ada karya orang lain dalam blog ini yang harus dihargai usahanya.

Banner & Button

Indonesian Muslim Blogger Blogger Indonesia Personal Blogs - Blog Top Sites

Untuk mengetahui update tulisan terbaru silahkan masukkan alamat email anda

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Arsip

Kategori

Negara Pengakses

Yang sedang baca

hit counters

Jumlah Pengakses

  • 359,267 hits

RSS Kaskus FJB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik-net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: