Mushola Award untuk mal di kota depok

Depok sebagai salah satu kota pendukung ibukota yang baru saja berkembang saat ini menjadi sasaran empuk para investor. Banyaknya perumahan di kota depok, merupakan potensi besar bagi industri retail. Dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun, sudah di bangun lebih dari 5 pusat perbelanjaan baru, ada yang bentuknya supermarket, pusat grosir, hypermall ataupun hypermarket. Belum lagi toko retail chain yang sudah di waralabakan seperti indomaret, ceriamart dan alfamart, jumlahnya sudah banyak sekali.

Namun keberadaan mal baru ini tidak imbangi dengan fasilitasnya terutama keberadaan mushola. Banyak mal yang membuat mushola sekedarnya saja, padahal menurut saya mushola yang nyaman merupakan salah satu fasilitas yang wajib. Oleh karena itu di dasari oleh keinginan untuk memberikan informasi mengenai kondisi mushola di mal-mal kota depok, saya melakukan survey kecil-kecilan mengenai kondisi mushola tersebut.

Saya melakukan survey terhadap 11 mushola dan masjid yang terdapat di pusat perbelanjaan (mal, hypermal dan hypermarket) di kota depok. Penilaian di lakukan dengan 7 kategori yaitu:

  • Kenyamanan terkait dengan keleluasaan, tidak panas, tidak bau dan tidak berisik (bobot 20 %)
  • Lokasi terkait dengan kemudahan mencapainya, petunjuk menuju lokasi dan tidak dipaksakan keberadaannya (bobot 15%)
  • Luas / kapasitas terkait dengan kapasitas mushola / masjid, point lebih apabila dapat digunakan untuk sholat jum’at (bobot 15%)
  • Kebersihan terkait dengan kebersihan tempat sholat, tempat wudhu, alat sholat dan area sekitar mushola (bobot 15%)
  • Pemisahan tempat sholat terkait dengan pemisahan tempat sholat laki-laki dan perempuan (bobot 15%)
  • Keberadaan tempat wudhu terkait dengan lokasi tempat wudhu,pemisahan laki dan perempuan, tertutup / aurat wanita tidak terlihat (bobot 15%)
  • Fasilitas pendukung terkait dengan fasilitas tambahan seperti rak penyimpan sepatu, rak mukena, Al Qur’an, pendingin ruangan, sound system, dll (bobot 5 %)

Mushola dan masjid tersebut di beri nilai dengan skala 0 hingga 4 berdasarkan ke-7 kategori di atas. Berikut ini hasil penilaian saya terhadap pusat perbelanjaan di kota depok yang diurut dari yang memiliki mushola / masjid terbaik :
1. Depok Town Square total nilai : 3.9
Hypermal di jalan Margonda yang biasa disingkat Detos ini memiliki masjid yang cukup besar terletak di lower ground (lantai PB1) dekat parkir motor. Lokasinya mudah di jangkau karena adanya petunjuk lokasi di dalam mal. Tempat sholat di pisah antara laki-laki dan perempuan. Tempat wudhu juga dipisah dan bisa menutupi aurat. Kebersihan tempat sholat, tempat wudhu dan alat shalat cukup terjaga. Masjid ini dilengkapi pula dengan AC sehingga lebih adem, selain itu dapat digunakan pula untuk sholat jum’at. Kekurangan masjid ini adalah tidak adanya tempat penitipan sepatu dan Al qur’an yang disediakan. Terimakasih bagi pengelola gedung yang telah memperhatikan keberadaan fasilitas ini dengan baik.

Masjid Detos dilihat dari parkiranMasjid Detos

2. ITC Depok total nilai : 3.8
Masjid Al Barkah ITC Depok Pusat grosir yang terletak di jalan Margonda ini juga memiliki masjid yang cukup besar terletak di lantai dasar / ground dekat parkir mobil. Lokasinya mudah di jangkau karena adanya petunjuk lokasi di dalam mal. Tempat sholat di pisah antara laki-laki dan perempuan. Tempat wudhu juga dipisah namun aurat wanita masih bisa terlihat karena hanya ditutup kain. Kebersihan tempat sholat, tempat wudhu dan alat shalat cukup terjaga. Masjid ini dilengkapi pula dengan AC dan rak penyimpan sepatu, selain itu dapat digunakan pula untuk sholat jum’at. Kekurangan masjid ini adalah letaknya yang dekat dengan lalu lalang mobil dan motor sehingga berisik. Selain itu AC di tempat wanita sering tidak menyala sehingga mengurangi kenyamanan sholat.

3. Mal Depok total nilai : 3.1
Mushola Mal Depok Mal yang terletak di jalan Margonda dan sudah berusia lebih dari 10 tahun ini memiliki 2 mushola. 1 berada lantai 3, sedangkan yang satu lagi terletak di lantai basemen dekat parkir motor & mobil. Kapasitas mushola di basement dapat menampung hingga 50 orang, sedangkan di lantai 3 lebih kecil. Kedua lokasinya mudah di jangkau. Kedua tempat sholat di pisah antara laki-laki dan perempuan,walaupun yang di lantai 3 hanya menggunakan sekat kain. Tempat wudhu juga dipisah dan bisa menutupi aurat. Mushola di lantai basement memiliki tempat penitipan sepatu. Kekurangan dari mushola ini adalah kurang terjaganya kebersihan terutama di tempat sholat dan alat sholat. Mushola ini juga hanya di lengkapi kipas angin kecil sehingga terasa panas dan terkadang bau apek . Untuk survey ini, penilaian hanya di lakukan pada mushola yang ada di basement.

4. Mal Cinere total nilai : 2.9
Mal yang terletak di jalan Cinere Raya ini memiliki mushola dengan kapasitas sekitar 40 orang. Mushola terletak di lantai 3 tepat di atas bioskop. Tempat sholat dipisah antara laki-laki dan perempuan, begitu pula tempat wudhunya yang juga bisa menutup aurat. Mushola ini juga memiliki rak tempat menyimpan sepatu. Kekurangan dari mushola ini adalah lokasinya yang berada di lantai paling atas membuatnya sulit di capai, di tambah lagi tangga menuju tempat tersebut cukup curam sehingga agak berbahaya. Selain itu kebersihan area sekitar sholat dan alat sholat kurang terjaga. Mushola ini juga hanya di lengkapi ceiling fan sehingga terasa panas dan terkadang bau apek.

Mushola di mal Cinere

5. Tiptop total nilai : 2.7
Supermarket yang terletak di jalan Tole Iskandar ini memiliki mushola khusus yang terpisah dari bangunan utama. Letaknya dekat dengan parkir motor. Mushola ini memiliki kapasitas sekitar 40 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan hanya dipisah dengan kain, pintu masuknyapun hanya satu. Tempat wudhunya sudah dipisah tapi masih cukup terbuka sehingga belum bisa menutup aurat. Kekurangan lain dari mushola ini adalah masalah kebersihan. Kebersihan area sekitar sholat dan tempat wudhu kurang terjaga. Mushola ini juga hanya di lengkapi ceiling fan sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Tiptop

6. Margo City total nilai : 2.6
Hypermal yang terletak di jalan Margonda persis di depan Detos ini memiliki mushola yang terletak di lantai 2. Mushola yang ada tergolong sangat kecil dibandingkan dengan bentuk dan besar mal ini. Total kapasitas mushola hanya ini sekitar 15 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan sudah dipisah, begitu pula tempat wudhunya,namun masih cukup terbuka sehingga belum bisa menutup aurat. Kekurangan terbesar dari mushola ini adalah masalah keleluasaan. Bentuknya yang teramat kecil dan terkesan dipaksakan membuat orang harus segera pergi setelah selesai sholat karena banyak antrian apalagi di jam sholat maghrib. Kebersihan sudah cukup terjaga. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Margo City

7. Alfa Gudang Rabat total nilai : 2.4
Hypermarket yang terletak di jalan Dewi Sartika depok lama ini memiliki mushola yang terletak di lantai dasar dekat dengan kantin dan toilet. Total kapasitas mushola sekitar 50 orang, walaupun hanya terdiri dari 2 shaf. Tempat sholat laki-laki dan perempuan tidak dipisah dengan sekat apapun, begitu pula tempat wudhunya. Kekurangan lain dari mushola ini adalah masalah kebersihan. Kebersihan area sekitar tempat sholat dan alat sholat kurang terjaga. Bentuknya yang memanjang dengan hanya 2 shaf menjadikannya juga kurang leluasa. Tidak adanya sekat antara laki-laki dan perempuan juga membuat kurang nyaman. Mushola juga hanya dilengkapi kipas angin, sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Alfa

8. Giant Cimanggis total nilai : 2.1
Hypermarket yang terletak di jalan raya Bogor ini memiliki mushola yang terletak di lantai dasar dekat dengan toilet. Total kapasitas mushola hanya sekitar 15 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan dipisah, namun tempat wudhunya di gabung. Kekurangan lain dari mushola ini adalah masalah kebersihan dan kenyamanan. Kebersihan tempat sholat, tempat wudhu dan area sekitar tempat sholat kurang terjaga. Letaknya yang di samping toilet menjadikannya kurang nyaman karena banyak orang yang lalu lalang ke toilet. Mushola juga hanya dilengkapi kipas angin, sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Giant

9. Plaza Depok total nilai : 1.8
Salah satu mal tertua yang terletak di jalan Margonda ini memiliki mushola yang terletak di lantai dasar dekat dengan parkir motor. Total kapasitas mushola hanya sekitar 25 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan tidak dipisah dengan sekat apapun, begitu pula tempat wudhunya. Kekurangan lain dari mushola ini adalah masalah kebersihan dan kenyamanan. Kebersihan tempat sholat, dan area sekitar tempat sholat kurang terjaga. Bentuknya yang kecil sehingga di jam-jam sholat banyak yang mengantri membuat sholat menjadi terburu-buru. Mushola ini juga hanya dilengkapi kipas angin, sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Plaza Depok dari luar Mushola Plaza Depok dalam

10. Mal Cimanggis total nilai : 1.3
Mal yang terletak di jalan raya Bogor ini memiliki mushola yang terletak di lantai 3 dekat dengan tangga darurat. Informasi menuju mushola ini tidak ada, jadi kita harus rajin bertanya untuk menuju mushola ini. Total kapasitas mushola hanya sekitar 25 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan tidak dipisah dengan sekat apapun. Tidak ada tempat wudhu, wudhu mesti dilakukan di toilet yang ada di samping mushola ini. Kekurangan lain dari mushola ini adalah masalah kebersihan dan kenyamanan. Kebersihan tempat sholat, alat sholat, tempat wudhu dan area sekitar tempat sholat sangat tidak terjaga. Bentuknya yang kecil dan terkesan dipaksakan membuat sholat menjadi terburu-buru. Mushola ini juga hanya dilengkapi kipas angin, sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu.

Mushola Mal Cimanggis

11. Depok Town Center total nilai : 1.1
Mal yang terletak di jalan sawangan dan persis di depan perumahan Depok Maharaja ini memiliki mushola yang terletak di lantai 3 dekat dengan arena permainan anak. Informasi menuju mushola ini juga tidak ada, jadi kita harus rajin bertanya untuk menuju mushola ini. Mushola juga sangat kecil, total kapasitas mushola hanya sekitar 15 orang. Tempat sholat laki-laki dan perempuan dipisah dengan sekat kain, melalui 1 pintu. Tidak ada tempat wudhu, wudhu mesti dilakukan di toilet yang letaknya cukup jauh. Kebersihan tempat sholat, alat sholat, dan tempat wudhu sangat tidak terjaga. Bentuknya yang kecil dan terkesan dipaksakan membuat sholat menjadi terburu-buru dan kurang khusu’. Letaknya yang dekat dengan area permainan anak yang cukup berisik menambah ketidaknyamanan. Mushola ini juga hanya dilengkapi kipas angin, sehingga terasa panas dan terkadang bau apek. Mushola ini juga tidak memiliki rak tempat menyimpan sepatu. Tampaknya banyak yang harus dibenahi oleh pengelola mal ini.

Mushola DTC

Ada yang tertarik untuk buat penilaian  di kota lain ?

=====================================================

Diclaimer : Survey ini saya lakukan secara independen, tanpa ada titipan dari pihak manapun. Penilaian dilakukan sendiri berdasarkan pengalaman saya dan istri saya menggunakan mushola tersebut pada periode Juni-Oktober 2007 dgn tetap berupaya untuk seobyektif mungkin. Bagi yang ingin menggunakan tulisan ini, silahkan menghubungi saya di email : agus dot wahyudin at gmail dot com [agus.wahyudin@gmail.com]

24 Responses to “Mushola Award untuk mal di kota depok”


  1. 1 Eka November 6, 2007 pukul 6:14 am

    Wah saya belum pernah mampir ke salah satu mal di Depok.
    Jadi gak bisa komen.
    Semua mal buat saya sama aja..
    Kecuali ada yang mau dibeli dan punya uang, baru deh mau pergi kesana.
    Trims buat review-nya. Kalau boleh sih, sekalian dengan fotonya ya.. kan jadi lebih menggambarkan suasana disana.
    Siapa tahu lagi pergi ke Depok dan saya mungkin akan pilih Detos dan ITC Depok. Kan mushola-nya bagus…

  2. 2 Goslink November 6, 2007 pukul 9:23 am

    Saya sudah menambahkan beberapa foto kondisi mushola tersebut..Mudah-mudahan bermanfaat.

  3. 3 Fakhrurrozy November 7, 2007 pukul 3:02 am

    Yang Di Depok Town Square baru cukup layak disebut tempat sholat🙂

  4. 4 Goslink November 7, 2007 pukul 3:50 am

    Setuju…untuk mal sekitar depok saya paling suka menggunakan Masjid di Detos atau ITC…luas, nyaman dan tidak terburu-buru karena tidak perlu mengantri.

  5. 5 *** November 7, 2007 pukul 11:06 pm

    Subahanallah , liputan dan tulisannya berguna banget bagi kita 2, trima kasih ya

  6. 6 oRiDo November 8, 2007 pukul 10:50 am

    klo di liat dr foto dan penjelasan nya..
    mushalla Depok Town Square yg layak dapat nilai tertinggi..

    hasil nya nnti di inform ke masing2 pengelola mall khan??
    mudah2an ada perubahan..

  7. 7 zhydan November 23, 2007 pukul 4:39 am

    assalaamu’alaikum…
    bicara tentang mushalla di mal…bicara tentang kepentingan juga sebenernya… (kayak politikus ae yo…)
    yang jelas, mushalla di tempat publik paling tidak pasti punya 2 ciri khas, yaitu bau sepatu/ kaos kaki, dan lokasi di basement/ parkiran/ tempat lain yang kurang kondusif…mungkin 1-2 yang tidak seperti itu…
    semoga keberadaan mushalla di tempat publik tidak lagi berdasarkan pada tujuan komersil, politis maupun hal lain selain ibadah…
    wassalaamu’alaikum…

  8. 8 nuar November 28, 2007 pukul 10:06 am

    mushola margo city bukannya di luar belakang / dekat parkir motor?
    atau emang ada lagi dalam?

  9. 9 nuar November 28, 2007 pukul 10:09 am

    eh ada yg kurang…
    gramedia ngga ada nih..?

  10. 10 Goslink November 29, 2007 pukul 12:35 am

    😉 Nuar : saya baru tau klo ada mushola di luar / dekat parkir motor. bagaimana kondisinya mas..?

    Kalo gramedia gak saya masukan dalam daftar, soalnya yang saya survey khusus mal, hypermal dan hypermarket. Tapi klo menurut saya kondisi mushola di gramedia depok juga gak terlalu bagus.
    Mas nuar bisa melengkapi..?

  11. 11 rini Januari 18, 2008 pukul 3:40 am

    tambahan2: untuk detos dan margo menyediakan tempat shalat di tiap lantai, jadi untuk waktu2padat spt magrib antrian bisa agak berkurang tuh
    cuma ya untuk tempat tambahan ini suka agak dipaksakan ya..jadi ndak terlalu nyaman.

  12. 12 theloebizz Februari 23, 2008 pukul 12:45 am

    aaaah…seandainya aja di Tangerang diberlakukan jg aturan seperti ini..pastinya berbelanja menjadi hal yg menyenangkan tanpa hrs bingung tuk sholat dimana..😉

  13. 13 Mr. Ong Maret 17, 2008 pukul 7:22 am

    thaks saya salah satu pengurus masjid detos, untuk saat ini kita sedang mengadakan perluasan masjid minta doanya biar lancar dan barokah

  14. 14 Puspa Juni 23, 2008 pukul 6:59 am

    Musholla detos mang nyaman, selaen t4 nya luas, adem pula hehe…

  15. 15 Lim Agustus 21, 2009 pukul 4:00 am

    keberadaan musholla di pusat perbelanjaan tidak bisa mengandalkan inisiatif pengelola/pengembang tetapi harus di dorong juga dengan membuat dan menerapkan regulasi yang ketat oleh pemerintah setempat

  16. 16 digdaya Februari 26, 2010 pukul 10:47 pm

    Jazakallah, mas..

  17. 17 mushola al mutaqin Agustus 23, 2010 pukul 6:14 am

    wah kalau kasih nilai mushola di mall, mbok bantu mushola yang kecil2 dikampung seperti mushola kami, yang untuk kegiatan pengajian saja untuk membayar ustad 50 rb masih pada iuran/patungan, semoga bisa menjadi lebih bijaksana lagi buat kita semua. AMIEN

  18. 18 Agung Cahyadi Februari 4, 2011 pukul 5:41 pm

    survey yang menarik, dan sekiranya bisa menjadi pertimbangan para developer tempat hiburan umum dalam membangun tempat ibadah bagi pengunjunga dan juga pekerjya didalamnya

    Trims.

  19. 19 hasbi Juni 22, 2011 pukul 4:15 am

    Tolong masukkan juga mall yang mushollahnya “parah”. Biar kita jadi tau kalok pergi ke mall tersebut jangan saat kepepet wktu sholatnya, karena harus mencari tempat sholat di luar mall.
    Wass.

  20. 20 mickey Agustus 26, 2011 pukul 6:42 am

    Survey yg menarik, bahkan sampai saat saya menulis ini sebuah Musholla pada salah satu pusat perbelanjaan diatas belum berubah bahkan karpetnya bau tdk harum. Amat menyedihkan. Sudah saatnya pemda setempat membuat regulasi yg jelas dan selalu memantau, agar tempat utk ibadah menjadi layak digunakan bukan krn terpaksa atau dipaksakan.

  21. 21 emkate November 2, 2011 pukul 7:03 am

    Assalamu’alaikum,

    Kita berterima kasih sm saudara kita yg telah berinisiatif melakukan survei ttg keberadaan & kondisi mushalla khususnya di pusat2 perbelanjaan kota Depok.

    Bagi yg kondisi mushallanya sudah sesuai kebutuhan utk shalat, kita sangat berterima kasih sama pengelolanya (mal, square, trade center, dll).

    Walau Depok sbg contoh survei, namun tentu hal ini menjadi CONTOH juga bagi daerah lain (khususnya mushalla di pusat2 perbelanjaan) di mana saja berada.

    Kita menyadari, tempat untuk bersujud pada yang KUASA, apa salahnya diberikan yg LAYAK & memenuhi standar, kita tidak minta yg MEWAH2.

    Itu saja tanggapan dari saya.
    Orang Depok

  22. 22 emkate November 2, 2011 pukul 7:24 am

    Tambahan, untuk mushalla MargoCity ada dua;
    1. Di belakang dekat tempat parkir, cukuplah, dan terpisah/ ada sekat antara laki2 n wanita.

    2. di Lantai 2. Ini memang kecil dan sempit. Perlu perhatian dari pihak penggelola !

    Itu saja tambahan.
    Emkate – Depok

  23. 23 jusuf Desember 13, 2014 pukul 1:10 am

    mohon ijin untuk mencontoh cara penilaiannya….


  1. 1 tEmpaT itU.. « **Theloebizz’s alluring soul** Lacak balik pada Februari 23, 2008 pukul 1:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tentang

Blog ini milik Agus Wahyudin, an ordinary person who live in extraordinary world.

Lisensi

Silahkan mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan dalam blog ini dengan mencantumkan sumbernya karena mungkin ada karya orang lain dalam blog ini yang harus dihargai usahanya.

Banner & Button

Indonesian Muslim Blogger Blogger Indonesia Personal Blogs - Blog Top Sites

Untuk mengetahui update tulisan terbaru silahkan masukkan alamat email anda

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Arsip

Kategori

Negara Pengakses

Yang sedang baca

hit counters

Jumlah Pengakses

  • 359,267 hits

RSS Kaskus FJB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik-net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: