Tips menaikkan kunjungan blog

Penulis blog mungkin bisa di analogikan seperti pelukis (seniman). Ada pelukis yang melukis karena ingin menyalurkan jiwa seninya, ada yang melukis karena ingin di kenal karya-karyanya, ada juga yang melukis karena dorongan faktor ekonomi. Walaupun berbeda alasan, semua pelukis pasti ingin hasil karyanya mendapatkan apresiasi. Begitu juga menulis blog, walaupun berbeda alasan menulis blog, saya yakin 68% kalau penulis blog juga ingin di apreasiasi hasil karyanya. Langkah pertama supaya suatu blog dapat di apreasiasi orang lain, tentunya blog tersebut harus di ketahui dan di kunjungi orang lain.

Untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita sebenarnya susah-susah gampang. Sudah banyak blog ataupun situs yang membahas tips & trik untuk menaikkan kunjungan ke blog kita atau istilah kerennya SEO (Search Engine Optimation) sehingga blog kita akan mudah terindeks dalam search engine, coba saja googling dengan keyword SEO, teknik SEO, ataupun tips & trik SEO.

Sebenarnya saya kurang PD untuk menulis posting ini, secara saya bukan orang yang kompeten dalam bidang ini (SEO) dan blog saya juga masih seumur jagung. Namun mungkin yang bisa saya sharing adalah poin-poin sederhana yang bisa dilakukan untuk menarik kunjungan orang lain ke blog kita berdasarkan pengalaman saya tanpa harus mengerti istilah-istilah SEO, jadi mungkin saja tips ini benar mungkin saja salah, hehe…

Poin-poin tersebut adalah :

1. Pemilihan topik yang tepat dan menarik

Tulisan mengenai dunia IT, tips mencari uang di internet menurut saya merupakan topik yang paling banyak di minati dan di cari orang . Topik lainnya yang juga biasanya diminati mengenai berita terbaru ataupun agama. Selain itu topik-topik yang kontroversial biasanya cukup menaikkan kunjungan suatu blog secara signifikan. Tapi menurut saya pilihlah topik yang ringan dan sesuai dengan minat anda karena hal ini berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari blog anda di masa depan. Selain itu konsisten dan fokus terhadap suatu topik tertentu juga akan menjadikan blog anda sebagai referensi bagi pengunjung yang mencari topik spesifik. contoh kasus blog kafemotor yang fokus pada modifikasi motor.

2. Update blog anda secara reguler.

Dari informasi para “pakar blog“, blog yang di update secara teratur akan memudahkan blog kita untuk di indeks oleh search engine. Saran saya, update-lah blog anda minimal seminggu sekali.

3. Rajin memberi komentar kepada blog lain.

Kata kunci untuk poin ini sebenarnya adalah pertukaran link. Dengan memberikan komentar kepada blog lain apalagi “seleb blog”, Logikanya karena selain akan menambah link yang menuju ke blog anda, juga sebagai promosi gratis blog anda bagi pengunjung seleb blog tersebut. Tips ini masih belum saya lakukan sih. Saya sudah melakukan tips ini, dan hasilnya luar biasa.

4. Berikan tag yang variatif pada posting anda.

Tag yang variatif dan banyak akan memudahkan blog anda ditemukan mesin pencari. Biasanya saya memberikan tag lebih dari satu untuk setiap posting saya.

5. Tambahkan rss feed dari blog /situs yang sering di update

Dengan menambahkan rss feed dari blog / situs yang sering di update akan membuat seolah-olah blog anda di update terus. Saya sendiri menambahkan dua empat rss feed pada blog saya.

6. Promosikan blog anda.

Last but not the least, adalah dengan mempromosikan blog anda. Baik cara konvensional seperti melalui milis, forum diskusi ataupun cara baru dengan memberikan bookmark pada situs social bookmark seperti technorati, del.icio.us dan lain sebagainya.

Mungkin itu sedikit tips dari saya, semoga dapat bermanfaat terutama bagi blogger pemula seperti saya. Saran dan kritik sangat saya harapkan.

Untuk anda yang membutuhkan informasi tambahan dari orang yang lebih kompeten dalam bidang ini, silahkan kunjungi halaman-halaman berikut :

31 Responses to “Tips menaikkan kunjungan blog”


  1. 1 syafriadi Agustus 14, 2007 pukul 9:25 am

    numpang promosi ya mas😀

  2. 2 Agus Agustus 14, 2007 pukul 9:38 am

    Waks…bukannya kebalik, saya yang lagi promosi di blog mas..
    Jadi kesimpulannya mutual promotion yah…hehe

  3. 3 bakazero Agustus 14, 2007 pukul 12:00 pm

    keren mas…
    tapi lumayan juga, harus bener2 cape tuh kalo mo cepet blognya terkenal…

  4. 4 mataharicinta Agustus 15, 2007 pukul 1:46 pm

    ikutan juga mas………:)

  5. 5 vino Agustus 16, 2007 pukul 7:30 am

    amin amin. tapi tetep kan kang, jangan meninggalkan tujuan memiliki blog. menyuarakan riak riak di jiwa kita. gimana ?

  6. 6 Agus Agustus 16, 2007 pukul 8:57 am

    @bakazero : yups. no pain no gain lah mas..:-)
    @mataharicinta : monggo…met ultah ya..
    @ vino : setuju mas, sesuai dengan pasal 28 UUD 45 kan mas…hehe

  7. 7 Agam Agustus 21, 2007 pukul 2:20 pm

    3. Rajin memberi komentar kepada blog lain.

    Ya, ini sekrang saya komentar :d
    Ayo komentar juga di blogku :p
    hehehe…

  8. 8 kawansyam Agustus 26, 2007 pukul 4:29 pm

    saya juga rajin komen. Nyambung nggak nyambung.

    Kata Descartes,”
    Aku berkomentar… maka aku ada😀

  9. 9 kyosilo Agustus 28, 2007 pukul 6:32 pm

    :ikutan ahhh soalnya point no 3 kaya paling mudah dilakukan dalam mengelola suatu blog😀 makasih mas agus atas tips na🙂 nitip comment aja nich😀

  10. 10 dyan Agustus 29, 2007 pukul 4:04 am

    aku jg ikutan promosi yaaa….
    kunjungi situs bebas pulsa ku…..
    maka kalian akan tahu kalo “aku ada…” hehehhehee
    makaciii

  11. 11 Goslink Agustus 29, 2007 pukul 5:27 am

    @ Agam, Kawansyam, Kyosilo, Dyan : Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Mungkin tips no. 3 ini akan saya patenkan..hehe🙂

  12. 12 rkh September 3, 2007 pukul 9:42 am

    Poin2xnya cukup bagus, logis & beralasan. 🙂

    Ada satu lagi pengembangan dari poin no 1 yg sebenarnya tidak etis & tidak disarankan tapi terbukti efektif, yaitu dg membuat JUDUL tulisan yg provokatif & kontroversial meskipun isinya tidak bermutu, seperti banyak dilakukan mereka yg cuma mengejar jadi seleb blog saja tanpa peduli kualitas tulisan yg bisa jadi malah membodohi. 🙂

    Kenyataan juga membuktikan bahwa banyaknya pengunjung & komentar pada suatu tulisan tidak selalu berarti bahwa tulisan itu cukup bermutu isinya, padahal itulah yg semestinya jadi ukuran.

    Orang memang bisa meninggalkan komentar cuma utk “say hello” saja, ngobrol, bahkan nyampah.. seharusnya komentar bisa menjadi media untuk menambah kualitas tulisan. Tapi memang tulisan yg berkualitas kadang “terlalu berat” bagi banyak pembaca untuk bisa menulis komentar. 🙂

    Selain memberi semangat, komentar juga bisa menjadi masalah kalau malah bertujuan mengacau spt pernah saya alami dg adanya komentar2x dari anonim yg berperan ganda. 🙂

  13. 13 Goslink September 4, 2007 pukul 5:48 am

    Setuju banget mas…😉

  14. 14 sigit September 9, 2007 pukul 4:54 pm

    Sedang memraktekkan jurus no.3 : )

  15. 15 zulasni September 10, 2007 pukul 6:01 am

    praktek jurus 3

  16. 16 Goslink September 10, 2007 pukul 7:10 am

    @ sigit : monggo mas…
    @ zulasni : bagaimana bisa di kunjungi balik kalau gak nyantumin alamat blog kamu😉

  17. 17 udin Oktober 5, 2007 pukul 11:15 pm

    Wah saya setuju tuh dgn rkh, kdg2 mmg ada orang yg “just say hello”, btw bgs jg tuh, pa lagi di blog yg moderasi komentarnya tidak diaktifkan…🙂

  18. 19 hotel rosenda November 3, 2007 pukul 4:31 am

    bos agus, tips yg baik dan inovatif. salam kenal dari baturraden.

  19. 20 hendrik Desember 4, 2007 pukul 12:46 pm

    saya masih baru banget nih bikin blog.. topik yang saya utarakan tentang pekerjaan saya.. maksudnya gak jauh dari kerjaan saya sebagai waiter hiburan malam.. kira2 aneh gak sih? thx loh..!!

  20. 21 ical April 24, 2008 pukul 12:31 am

    Saya masih newbie juga..Saya terkesan dengan kata “kurang PD” dari membacanya di atas, saya pikir dengan kata “kurang PD” dan point-point yang Anda berikan saya berpikir gak bakalan ada yang beri komentar..Tetapi ternyata ada 20 komentator..Wah di luar dugaan..So, satu pertanyaan aja..; Gimana tips agar pengunjung ikhlas memberi komentar di blok kita. BTW, salam kenal..

  21. 22 wadon April 28, 2008 pukul 7:18 am

    hehe ini blog gw yang baru gus

  22. 23 ngantuk Juli 4, 2008 pukul 10:16 pm

    AWW..Mas Agus
    saya numpang lewat juga yaa..!!
    berhub..kita tetanggaan di depok juga,,!!
    tenkyu..tenkyu..atas tipsnya..!!maklum baru seminggu punya blog..!!jadi ya masih GO..BLOG..he..he..!!
    Wslm.

  23. 24 zoelchart Agustus 15, 2008 pukul 9:28 am

    sedang mempraktekkan jurus nomor tiga

  24. 25 zoelchart Agustus 15, 2008 pukul 9:33 am

    sedang mempraktekkan jurus nomor 3

  25. 26 ozant Oktober 29, 2008 pukul 4:04 pm

    wah artikelnya bagus juga ya mas,
    kebetulan saya juga lagi berusaha menggenjot
    jumlah kunjungan ke blog saya..
    mengenai jurus nomor tiga, itu memang benar
    saya juga udah bikin postingannya,mengenai
    alasan mengapa comment itu penting
    thanks info nya ya mas

  26. 27 Maman Desember 9, 2008 pukul 11:22 am

    Mantap sharingnya mas…..
    Salam kenal …

  27. 28 romadlon Januari 9, 2009 pukul 3:11 am

    bagus kang……thanks yap!!!

  28. 29 Umild-holic Maret 11, 2009 pukul 4:50 am

    salam kenal, masuk http://www.autosurf-floweb.net/?ref=satria sehari pengunjung sekitar 700an registrasi trus masukkan alamat blognya thx

  29. 30 fafanjuventini Mei 17, 2009 pukul 4:38 am

    waduh telat,,, gpp dink

  30. 31 ROMZIE April 11, 2011 pukul 5:04 pm

    salam kenal..sebagai pemula yang butuh banyak pembelajaran, artikel ini sungguih…ajib….


Tinggalkan Balasan

Tentang

Blog ini milik Agus Wahyudin, an ordinary person who live in extraordinary world.

Lisensi

Silahkan mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan dalam blog ini dengan mencantumkan sumbernya karena mungkin ada karya orang lain dalam blog ini yang harus dihargai usahanya.

Banner & Button

Indonesian Muslim Blogger Blogger Indonesia Personal Blogs - Blog Top Sites

Untuk mengetahui update tulisan terbaru silahkan masukkan alamat email anda

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Arsip

Kategori

Negara Pengakses

Yang sedang baca

hit counters

Jumlah Pengakses

  • 359,267 hits

RSS Kaskus FJB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik-net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

