Greenway solusi kemacetan Depok?

Greenway Arus BalikAda kabar gembira bagi warga depok yang menggunakan jalan margonda sebagai jalur utama untuk jalur balik dari jakarta. Pasalnya sejak tanggal 11 Juni 8 Juni, Pemkot Depok menerapkan sistem buka tutup atau greenway untuk mengatasi kemacetan di jalan margonda.

Sistem yang dinamakan greenway arus balik ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Depok pada saat jam pulang kerja. Untuk tahap awal, waktu pelaksanaan dimulai sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Sistem buka tutup difokuskan pada sejumlah titik putaran kendaraan dan penyeberangan dari arah Depok. Nantinya, lokasi putaran di sepanjang jalan Margonda akan ditutup oleh petugas dalam interval 10 menit untuk memberikan kesempatan kendaraan dari arah Jakarta untuk melintas. Sistem greenway ini hanya akan diberlakukan pada hari Senin hingga Jum’at saja.

Dari pantauan dan pengalaman saya menggunakan jalan Margonda selama sepekan kemarin , memang ada sedikit perbedaan yang lebih baik di bandingkan sebelumnya. Beberapa titik kemacetan seperti di kober, depan Detos, depan Mal Depok sudah lebih lancar. Beberapa petugas menjaga lokasi tersebut untuk mengatur angkot yang kadang suka menurunkan penumpang sembarangan. Namun kemacetan justru terjadi di jalan sebelum UI, antrian bisa mencapai 1,5 km. Selain itu kemacetan juga terjadi di jalan Siliwangi (jalan menuju Depok 2).

Langkah yang dilakukan oleh pemkot Depok ini saya rasa merupakan suatu terobosan. Namun seharusnya langkah ini juga dilanjutkan dengan strategi jangka panjang misalnya dengan pengaturan angkot yang jumlahnya makin banyak, perbaikan dan pengembangan jalan, pembangunan yang lebih merata (bukan terpusat hanya di jalan Margonda seperti saat ini).

Jadi, Mari kita tunggu langkah pemkot depok selanjutnya.

12 Responses to “Greenway solusi kemacetan Depok?”


  1. 1 Dito Juni 30, 2007 pukul 3:57 pm

    Klo gw perhatikan sih memang ada sedikit perbedaan pada jam-jam tersebut. jadi lebih lancar dan agak sepi jalanannya (Margonda). Tapi memang, kemacetan jadinya malahan sebelum masuk Depok… Mudah-mudahan saja kemacetan di Depok bisa berkurang, he4x…

  2. 3 awahyudin Juli 2, 2007 pukul 5:38 am

    Betul sekali, kalau menurut pengamatan saya, greenway ini hanya memindahkan titik kemacetan saja tapi tidak menyelesaikan masalah yang sebenarnya terjadi.

  3. 4 Dito Juli 7, 2007 pukul 5:29 am

    Kayaknya sudah beberapa hari ini gw ngk pernah liat ada greenway lagi deh ? he4x…

  4. 5 Ario Oktober 6, 2007 pukul 4:13 pm

    Lha margonda itu menurut gw paling parah macetnya kalo weekend.. kok malah greenway-nya khusus senin-jumat? kalo senin-jumat sih, biasanya macetnya cuma pagi dan sore doang. tapi kalo sabtu… dari pagi, siang, sore, ampe malem, maceet terus. bukan cuma margonda doang yang macet. ampe jalan raya citayam di selatan juga ikutan macet.. lagian, itu program kenapa dikasih nama “greenway” si? maksudnya apa? jalur hijau? apa itu artinya “greenway”? gw cari di kamus oxford juga ga ketemu kata “greenway” kok. knapa ga pake bahasa indonesia aja sih?.. misalnya program “sapu jagad margonda”, atau “lancar margonda”, apa gitu yang lebih kreatif. hehehe..

  5. 6 Goslink Oktober 8, 2007 pukul 3:04 am

    😕 Ario : Sekarang aja yang weekday udah gak keliatan greenway-nya…jadi kalo pulang kantor bisa baca spanduk “Margonda Macet, gak tuh” sambil menikmati kemacetan di Margonda.😦

  6. 7 danu Oktober 25, 2007 pukul 10:44 am

    memang blom tentu berhasil sih program angkotway ya mas. kalo semuanya jadi urusan polres tp warga gak ikut ya mungkin gak beres juga. dan, konsistensi saya setuju banget. kayak di pintu keluar terminal kalo saja ada yg ngatur ya lancar.

  7. 8 kennis Oktober 29, 2007 pukul 3:01 am

    Oalah…. itu toh maksudnya greenway
    Udah berbulan2 lihat spanduk greenway, nggak mudeng2 :))

    Kirain itu program penghijauan jalan margonda buat paru2 kota hahaha 😛

    Lam kenal bapak2 ibu2🙂

  8. 9 tia ivanka chen November 6, 2007 pukul 5:48 am

    yaelaaaaaah orang mah pinternya komentar doang! yang namanya perbaikan sistem pengaturan lalu lintas, baru nyoba gitu lho……tapi kalo menurut aye nie. jalur khusus angkot itu memang MUSTI biar nggak seenake udele dewe…kalo satlantasnya kompak tapi pengguna jalannya kagak mah ya sami mawooooooon!

  9. 10 asri November 17, 2007 pukul 4:30 am

    ya seh mang gmpng omdo tuh
    tp kt cb aj.ya gak?

  10. 11 Tukang Koran Maret 3, 2009 pukul 2:15 pm

    Wah wah wah, luar biasa…..
    Informasi & artikel di website ini benar-benar berguna sekali buat kita semua. Ayo update terus biar lebih keren lagi sehingga kita jadi nggak bosen berkunjung di sini. O ya, bagi warga Cibinong, Depok, dan Bogor yang belum berlangganan koran, pasukan loper Cibinong Agency (http://cibinong-agency.blogspot.com) siap melayani kebutuhan informasi Anda….


  1. 1 Goslink’s blog Lacak balik pada Juni 22, 2007 pukul 1:16 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tentang

Blog ini milik Agus Wahyudin, an ordinary person who live in extraordinary world.

Lisensi

Silahkan mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan dalam blog ini dengan mencantumkan sumbernya karena mungkin ada karya orang lain dalam blog ini yang harus dihargai usahanya.

Banner & Button

Indonesian Muslim Blogger Blogger Indonesia Personal Blogs - Blog Top Sites

Untuk mengetahui update tulisan terbaru silahkan masukkan alamat email anda

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

Arsip

Kategori

Negara Pengakses

Yang sedang baca

hit counters

Jumlah Pengakses

  • 359,267 hits

RSS Kaskus FJB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik-net

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: